MENU TUTUP

Pemerintah Puncak Jaya Perpanjang Masa Karantina Selama Dua Minggu

Senin, 06 April 2020 | 18:53 WIB / Andi Riri
Pemerintah Puncak Jaya Perpanjang Masa Karantina Selama Dua Minggu Rapat dipimpin Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM selaku Komandan Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Puncak Jaya, berlangsung di teras kantor Bupati, Senin (6/4)/dok.HumasPj

MULIAwartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melakukan perpanjangan masa karantina daerah selama dua minggu ke depan. Sebelumnya diberlakukan masa karantina  sejak 23 Maret hingga 4 April, kini dilanjutkan hingga 17 April 2020.

Perpanjangan masa karantina ini diputuskan dalam rapat yang dipimpin langsung Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM selaku Komandan Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Puncak Jaya, berlangsung di teras kantor Bupati, Senin (6/4).

Dihadiri oleh unsur Muspida, pimpinan OPD terkait, para Kepala Distrik, dan perwakilan stake holder.

Bupati Yuni Wonda dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang turut ambil bagian dalam penanganan covid-19 di Puncak Jaya. Menurutnya, keputusan karantina merupakan keputusan bersama oleh semua pihak termasuk perwakilan masyarakat

“Terimakasih kepada semua elemen yang telah mengambil bagian sehingga kita masih berada pada zona hijau. Mulai hari ini sampai dua minggu kedepan kita akan mengambil karantina terbatas," tegasnya.

Pelarangan keluar masuknya orang ke wilayah Puncak Jaya baik melalui jalur udara (pesawat) maupun jalur darat (mobil) tetap berlaku dan hanya untuk pengangkutan logistik (barang).

Sementara itu terkait pembatasan untuk beribadah di Gereja maupun masjid, Bupati memberikan kompensasi hanya untuk ibadah hari Minggu dan Jumat

“Yang akan melaksanakan ibadah hari-hari besar yang berlangsung pada hari jumat sampai minggu kita akan memberikan ijin beribadah di tempat ibadah masing-masing dengan syarat tetap menjaga kondisi beribadah agar tetap dalam keadaan aman," ujar Bupati.

Setelah itu ibadah akan kembali di laksanakan dirumah masing-masing agar tetap menjaga tidak terjadinya penyebaran Virus Corona.

Rapid Test Didistribusikan

Sementara itu, dr. Muhamad Nasir Ruki,S.Si, M.Kes.Apt. Sp.GK selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Puncak Jaya mengatakan, pihaknya baru menerima alat Rapid test dan akan didistribusikan ke Pos - Pos Kesehatan

 “Baru hari ini kita kedatangan Rapid test. Khusus Puncak Jaya pasien ODP sekarang ini kurang lebih 14 orang, ke 14 pasien ini kita akan akan lakukan Rapid test untuk mengetahuinapakah positif atau negatif terjangkit virus corona," ungkapnya. 

"Saya berharap kepada masyarakat apabila merasakan keluhan terhadap kesehatannya segera periksakan ke dokter dan jangan takut untuk menyampaikan keluhan yang di rasakan,"pesannya.

Ketua Tim Pos Kesehatan yang berada pada 6 titik Pos mengaku mendapat sambutan baik dari masyarakat dalam menjalankan tugas.

“Dengan adanya tim gugus COVID 19 ini masyarakat telah menerima kami dengan baik bersama dengan beberapa tim medis. Masyarakat berterimakasih atas keputusan lockdown (karantina daerah) yang telah diambil oleh pemerintah," akunya

Bahkan masyarakat berharap karantina wilayah ini berlanjut, melihat penyakit ini sudah menyerang beberapa daerah di tanah papua.

Adapun Perwakilan dari pasar dan kios-kios juga berharap bahwa tidak adanya pembatasan pada bahan logistik melihat permintaan dan kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi.(Adv)

 

 


BACA JUGA

Rentan Waktu Dua Bulan, 752 Orang di Papua Terpapar Virus Corona

Sabtu, 30 Mei 2020 | 20:46 WIB

Update COVID-19 di Papua, Tambah 21 Kasus Baru dan 20 Pasien Sembuh

Kamis, 28 Mei 2020 | 18:20 WIB

Raperdasi Bencana Non Alam, DPR Papua Bakal Minta Masukan Bupati Walikota

Rabu, 27 Mei 2020 | 12:32 WIB

Tertibkan Masyarakat Saat Pandemi Covid-19, TNI Polri Gencar Lakukan Ini

Rabu, 27 Mei 2020 | 05:35 WIB

Dua Tenaga Medis di Kota Jayapura Terpapar Virus Corona, Total 640 Kasus di Papua

Selasa, 26 Mei 2020 | 17:28 WIB
TERKINI

Narapidana Mengendalikan Peredaran Shabu dari Dalam Lapas

3 Jam yang lalu

Preventif Jadi Penekanan Kapolda Papua Saat Mengecek Pos Penyekatan

22 Jam yang lalu

FPPJ Gandeng Pemuda, Kerja Bakti di Sepanjang Jalan Utama Kota Mulia

1 Hari yang lalu

Penyerang Kuala Kencana dan Penembakan WNA Karyawan Freeport Tertangkap

1 Hari yang lalu

Wali Kota Sorong Terima Rekomendasi LKPJ Dari DPRD

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com