MENU TUTUP

Hingga Minggu Siang Terjadi 10 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Jayapura

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:48 WIB / Andy
Hingga Minggu Siang Terjadi 10 Kali Gempa Susulan di  Kabupaten Jayapura Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, saat menunjukan pusat gempabumi 6,3 SR di kabupaten Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Jayapura, Minggu (19/1) dinihari sekitar pukul 01.34 WIT. Gempa terjadi di Barat Laut Jayapura dengan kedalaman 56 kilometer.

Akibat gempa tersebut, guncangan dirasakan enam wilayah, yakni, Sentani, Kota Jayapura, Sarmi, Yahukimo, Keerom dan Wamena.

Meski gempa dirasakan di enam wilayah, namun hingga Minggu siang belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“ Hingga siang ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempabumi berkekuatan 6,3 Skala Richter tersebut karena pusat gempa jauh dari pemukiman warga,” kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, saat ditemui di kantornya, Minggu (19/1) siang.

“ Bahkan pantauan kami di beberapa lokasi yang berdekatan dengan pusat gempa seperti Nimbokrang, Genyem, Demta dan beberapa derah sekitarnya tidak ada kerusakan yang terjadi,” tambahnya.

Petrus menyebut bahwa gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, sehingga warga dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“ Kepada warga yang berdekatan dengan lokasi gempa maupun yang merasakana dampak gempa dihimbau untuk menghindar dari lereng tanah/batuan yang berpotensi longsor serta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” pesannya.

Gempa Susulan

Ia menambahkan, hingga Minggu siang, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan sebanyak 10 kali. Dimana satu gempabumi dirasakan dengan kekuatan 5,2 Skala Richter.

“ Pantauan BMKG hingha siang ini sudah ada 10 kali gempa susulan. Dianataranya ada gempa susulan 5,2 SR yang juga dirasakan oleh warga,” sebutnya.

Lebih lanjut kata Petrus, gempabumi di Jayapura diperkirakan akan terjadi dalam sepakan kedepan.

“ Sesuai dengan karakter dan pola gempa yang ada di wilayah patahan lokal Mamberamo diperkirakan akan ada gempa susulan selama satu hingga dua minggu kedepan dengan frekwensi dan kekuatan yang semakin menurun. Namun warga harus terus waspada,” tandasnya.**


BACA JUGA

Hilal 1 Syawal 1441 Hijriah Belum Terlihat di Papua

Jumat, 22 Mei 2020 | 19:20 WIB

Gempabumi 5,9 SR Guncang Sarmi, Tidak Berpotensi Tsunami

Jumat, 27 Maret 2020 | 08:25 WIB

BMKG Bakal Bangun 17 Sensor Gempa di Papua dan Papua Barat

Senin, 10 Februari 2020 | 17:33 WIB

Pemprov Papua Bakal Gelar Rencana Aksi Hadapi Bencana

Senin, 06 Januari 2020 | 14:04 WIB
TERKINI

Layanan Rapit Test Gratis Bagi Penumpang Garuda, Embarkasi Makasar

9 Jam yang lalu

Ini Kebijakan Pelayanan RSUD Jayapura, Pasca Puluhan Petugasnya Terpapar Covid-19

12 Jam yang lalu

Terkendala Pandemi, Diklat Prajab Formasi 2013 Puncak Jaya Dilakukan Virtual

16 Jam yang lalu

Lapor Komnas HAM Bisa Lewat Apikasi Kas Tau Komnas HAM Papua

16 Jam yang lalu

Bhabinkamtibmas Polres Mimika Berikan Himbauan New Normal Pada Warga Binaannya

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com