MENU TUTUP

Memasuki Musim Hujan, Tiga Daerah di Papua Ini Rawan Bencana Hidrometeorologi

Senin, 04 November 2019 | 19:07 WIB / Andy
Memasuki Musim Hujan, Tiga Daerah di Papua Ini Rawan Bencana Hidrometeorologi Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili/Andy

JAYAPURA - Memasuki musim hujan yang dimulai awal November, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura menghimbau masyarakat papua mewaspadai bencana Hidrometeorologi.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, mengatakan, musim hujan di papua dan papua barat dimulai awal November dan puncaknya akan terjadi pada bulan Februari 2020.

“ Sebagian wilayah di Papua dan Papua Barat memang sudah memasuki musim hujan sejak September, namun secara keseluruhan akan terjadi sejak awal November dan prakiraan puncaknya adalah bulan Februari hingga awal Maret 2020 mendatang,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/11) siang.

Dikatakan, selama musim hujan terjadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang kemungkinan terjadi pada saat musim hujan di wilayah Papua dan Papua Barat.

“ Yang perlu di waspadai selama musim hujan adalah bencana hidrometeorologi. Dari analisis BMKG untuk wilayah Papua ada tiga kabupaten yang berpotensi, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapuran dan Kabupaten Membramo Raya,” ungkapnya.

“ Untuk Mamberamo Raya ini paling berpotensi karena berada di bagian rendah dan mendapatkan kiriman dari wilayah pegunungan tengah papua,” tambahnya.

Petrus menjelaskan, bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena angin kencang, hujan lebat, dan gelombang tinggi.

“ Untuk itu kami menghimbau masyarakat yang berada di tiga kabupaten ini untuk selalu waspada. Kalau terjadi bencana agar secepatnya menyelamatkan diri,” harapnya.**


BACA JUGA

Hilal 1 Syawal 1441 Hijriah Belum Terlihat di Papua

Jumat, 22 Mei 2020 | 19:20 WIB

Presiden Putuskan Pembatasan Sosial Berskala Besar Opsi Atasi Dampak Covid-19

Selasa, 31 Maret 2020 | 16:55 WIB

BMKG Bakal Bangun 17 Sensor Gempa di Papua dan Papua Barat

Senin, 10 Februari 2020 | 17:33 WIB

Hingga Minggu Siang Terjadi 10 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Jayapura

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:48 WIB

Pemprov Papua Bakal Gelar Rencana Aksi Hadapi Bencana

Senin, 06 Januari 2020 | 14:04 WIB
TERKINI

Layanan Rapit Test Gratis Bagi Penumpang Garuda, Embarkasi Makasar

8 Jam yang lalu

Ini Kebijakan Pelayanan RSUD Jayapura, Pasca Puluhan Petugasnya Terpapar Covid-19

11 Jam yang lalu

Terkendala Pandemi, Diklat Prajab Formasi 2013 Puncak Jaya Dilakukan Virtual

16 Jam yang lalu

Lapor Komnas HAM Bisa Lewat Apikasi Kas Tau Komnas HAM Papua

16 Jam yang lalu

Bhabinkamtibmas Polres Mimika Berikan Himbauan New Normal Pada Warga Binaannya

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com