MENU TUTUP

SIMRS Online dan Sisrute Wajib Diterapkan Seluruh RS di Papua

Selasa, 23 Juli 2019 | 18:31 WIB / Andi Riri
SIMRS Online dan Sisrute Wajib Diterapkan Seluruh RS di Papua Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai, M.Kes berfoto bersama usai pertemuan teknis Integrasi Rekam Medik di Jayapura, Selasa (23/07)/Istimewa.

JAYAPURA — Seluruh rumah sakit yang ada di Papua baik milik pemerintah maupun swasta diwajibkan untuk  menerapkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Online, Sistem Rujukan Terpadu (Sisrute) dan Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) dan Rekam Medik Integrasi (RMI). 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Papua drg. Aloysius Giyai, M.Kes hal ini bertujuan untuk menunjang pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Selain itu juga sangat tepat untuk meningkatkatkan kecepatan dan kualitas pelayanan bagi pasien.

"Saya sudah cek di seluruh rumah sakit di Papua, ada yang belum mulai sama sekali, ada yang baru tahap awal, ada yang sudah di pertengahan. Oleh karena itu, saya minta komitmen mereka agar tahun ini diselesaikan. Untuk RSUD Jayapura, kebetulan saya selaku Plt. Direktur, tidak ada istilah tawar menawar. Tahun ini harus kita implementasi SIMRS, bagaimanapun caranya akan kita upayakan,” tegas  Aloysius di Jayapura, Selasa (23/7) 

Menurut Aloysius, tuntutan sistem layanan ini harus diimplementasikan segera. Sebab jika tidak, selain akan berdampak pada pembatalan kerjasama dengan BPJS ke depan dengan rumah sakit itu, juga bisa membuat status type rumah sakit itu bisa turun.

“Saya minta tahun ini dan awal 2020 harus diterapkan,” tegas pintanya.

Aloysius menjelaskan, berdasarkan UU No 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit, dimana setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan RS dalam bentuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Oleh karenanya, setiap rumah sakit wajib menjalankan SIMRS dengan menggunakan open source seperti yang telah diatur dalam Permenkes No 82 Tahun 2013 tentang SIMRS.

Ia juga menjelaskan, Sistem Rujukan Terpadu (Sisrute) antar Rumah Sakit adalah sistem yang dikembangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membantu rujukan antarrumah sakit. Sisrute ini ditunjang oleh Sistem Informasi Rawat Inap (Siranap) yaitu aplikasi yang menyajikan informasi tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit secara real time (waktu nyata) untuk mempermudah informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit itu kepada pasien/keluarganya agar ketika tiba tidak ditolak dan menanggulangi pasien gawat darurat. 

Selain Siranap, aplikasi penunjang Sisrute lainnya ialah Rekam Medik Integrasi (RMI) yang merupakan data rekam medik yang terintegrasi dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain. RMI diharapkan menjadi suatu pola komunikasi dan informasi awal sebelum pasien dirujuk ke rumah sakit satu ke lainnya. 

“Dengan adanya RMI ini, proses pendataan pasien serta penanganan sampai tindak lanjut dapat terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan rumah sakit dalam melakukan tindakan terhadap pasien yang bertujuan meningkatkan pelayanan serta patient safety,” pungkasnya


BACA JUGA

Dandim 1712/Sarmi Tinjau Langsung Program TMMD di Namunaweja

Minggu, 20 Oktober 2019 | 20:24 WIB

Pemprov Papua Imbau Puskesmas di Wamena Segera Dibuka Pasca Kerusuhan

Jumat, 04 Oktober 2019 | 12:04 WIB

Pasca Gempa di Ambon, Pertamina Pastikan Sarfas Terminal BBM dan DPPU Aman

Kamis, 26 September 2019 | 16:46 WIB
Bupati Sarmi

Saling Menghargai, Menghormati dan Selalu Membangun Bubungan Baik Antar Suku Bangsa

Kamis, 12 September 2019 | 09:28 WIB

Sering Terjadi Aksi Pencurian, RSUD Jayapura Tingkatkan Pengamanan

Rabu, 11 September 2019 | 14:12 WIB
TERKINI

Sat Res Narkoba Polres Jayapura Bekuk Dua Pengedar Ganja

2 Jam yang lalu

Ogah Ulangi Kesalahan, Persipura Bidik Kemenangan di Markas Semen Padang

2 Jam yang lalu

Ibu Mudi Herman Asaribab Ngajar Anak anak Paud di Merauke

2 Jam yang lalu

Hari Pertama Operasi Zebra, Polres Kota Tilang 25 Pengendara

3 Jam yang lalu

Forum Komunikasi Umat Beragama Apresiasi Kinerja TNI-Polri

3 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com