MENU TUTUP

Kapolda Papua Berikan Award untuk Para Pecinta Lingkungan dan Pejuang Literasi

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 08:05 WIB / Andi Riri
Kapolda Papua Berikan Award untuk Para Pecinta Lingkungan dan Pejuang Literasi Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan penghargaan kepada pegiat lingkungan Marshall Suebu dari CPA Hiroshi, Jumat (23/11)/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan penghargaan (award) kepada mereka yang telah berjuang dalam menjaga lingkungan dan membantu membudayakan literasi (membaca,menulis dan berhitung) bagi anak anak Papua.

Pemberian penghargaan ini digelar dalam acara bertajuk Polda Papua Awards "Awarding The Best Inspiring The Rest" berlangsung di salah satu cafe di Sentani, kabupaten Jayapura, Jumat (23/10). Ini merupakan kerjasama Polda Papua dan Posko The Spirit of Papua.

Ketua Panitia Michael J. Yarisetouw menuturkan, Kapolda Papua Awards merupakan yang pertamakali dilaksanakan di Papua. Kegiatan ini dicetuskan sendiri Kapolda Papua yang selanjutnya mengumpulkan anak-anak muda di komunitas kemanusiaan The Spirit Of Papua, yang mana komunitas ini bergerak atas kesadaran saat masa pandemi Covid-19.

"Kapolda Awards ini guna memberikan penghargaan bagi saudara-saudara kita yang telah berjuang, yang mana fokus kita melihat kondisi masalah sosial yang terus terjadi dan saudara kita yang disabilitas yang tidak diperhatikan dengan baik, serta lingkungan yang mana Papua mempunyai hutan yang besar dan kesadaran masyarakat yang masih kurang," ungkap Michael.

"Tujuan dari Kapolda Awards yaitu memberikan penghargaan kepada mereka yang terbaik tapi juga mampu menginspirasi bagi yang lain, yang mau bersama-sama membangun diri melalui literasi menjaga lingkungan dan peduli terhadap sesama," sambungnya.

Apresiasi

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua Christian Sohilait,mengapresiasi acara award yang diinisiasi langsung oleh Kapolda Papua

"Acara ini sangat luar biasa, dengan pemberian penghargaan dimana ada karya-karya besar yang dilakukan oleh anak bangsa namun tidak diperhatikan. Ini merupakan motivasi kepada kita semua," kata Sohilait.

Ia menambahkan, ke depan pihaknya juga akan membuat kegiatan seperti ini yang sangat menginsiprasi

Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menuturkan, bersama Posko Spirit of Papua telah melakukan banyak kegiatan kemanusiaan selama masa pandemi Covid-19 seperti menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, bersama komunitas lingkungan melakukan aksi bersih bersih, serta menggelar lomba literasi yaitu lomba cerita rakyat bergambar.

"Kegiatan ini sebagai pemicu untuk dapat mengkolaborasikannya nanti dalam rangka mengangkat harkat dan martabat pemuda pemudi dan tokoh-tokoh terhadap lingkungan dan keadaan kita di wilayah Papua ini," kata Kapolda Waterpauw

Di kesempatan itu, Kapolda mengajak semua masyarakat Papua bersatupadu, menggandeng satu sama lain dalam mengangkat berbagai hal yang dapat membuktikan kepada meraka diluar sana bahwa Papua adalah tanah damai, Papua adalah tanah surga kecil yang memiliki banyak potensi yang bisa diangkat bersama.

"Selalu berfikir dan berbuat dengan hal positif, saya yakin Tuhan memberkati kita semua," ucap Waterpauw

Pemberian hadiah untuk Juara Lomba Menulis Cerita Anak Bergambar, Juara I : Indah Elin Wainsaf dan Maria R. Hematang, Juara II : Marsela Gewab dan Joy Raharusun, Juara III : Cristian Bisay dan Janet Matani, dan Juara Harapan I : Evalina Silalahi-Ongge, Juara Harapan II : Atudya F. P. Uduas, Juara Harapan III : Heavenly Brawen Morin dan Charista Tambuwun.

Penghargaan First Award diberikan kepada Pegiat Disabilitas dan Pegiat anti miras kepada SAMN Papua, Anias Lengka dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, Kuhlman Sutran Saputra.

Penyerahan penghargaan Second Award : Pegiat Literasi Ko Sa'pa, Hengky Yelimo diwakili George Saa), Teras Baca Noah Mina Rumpobo, Sekolah Menulis Papua Dzikry, Rumah Baca Yoboi Hani Felle, Sentani Lake Center Wigaty Y. Modouw.

Penyerahan penghargaan Third Award : Pegiat Lingkungan Yayasan Hiroshi Marshall Suebu, Repang Moaef Alex Waisimon, Rumah Bakau Marcel Mauri, Forum Peduli Port Numbay Green Roy Wanda, dan Papua Jungle Chef, Charles Toto. **

 


BACA JUGA

TERKINI

Berbagi Kasih Natal, Persit KCK Cabang XVI Kodim Jayapura Kunjungi Panti Asuhan

28 Menit yang lalu

Sayap Pemenangan Terus Dilakukan IMANI

49 Menit yang lalu

Kapolri Tegaskan Akan Menindak Tegas Siapapun Yang Melanggar Ketertiban Umum

59 Menit yang lalu

Ini Strategi Paslon IMANI Hadapi Pilkada 2020

1 Jam yang lalu

Tingkatkan Mutu Pelayanan Gereja, Pemda Puncak Serahkan Rumah bagi Pastori

1 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com