MENU TUTUP

Hendak Jual Senjata ke KKB, Satu Oknum Anggota Brimob Ditangkap

Jumat, 23 Oktober 2020 | 18:37 WIB / Cholid
 Hendak Jual Senjata ke KKB, Satu Oknum Anggota Brimob Ditangkap Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Satu oknum anggota Polri berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) dan warga sipil terpaksa diamankan pihak kepolisian lantaran diduga terlibat penjualan senjata illegal di Nebire, Rabu (21/10).

Selain mengamankan dua terduga pelaku berinisial Bripka JH dan DC, tim gabungan pun menyita dua  senjata laras panjang jenis M4 model ZEL-FL multi no 01564 dan M16 model Al Cal 5.56 no 93367879 beserta magazen tanpa amunisi.

Dari data yang di peroleh keduanya saat ini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Nabire usai di ciduk di salah satu penginapan di Kabupaten Nabire oleh tim gabungan. Bahkan rencanya senjata tersebut nentinya akan di jual kepada salah satu oknum mantan anggota dewan Kabupaten Intan Jaya berinisial LK.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw ketika di konfirmasi membenarkan hal tersebut, yang mana oknum anggota itu kini sudah menjalani pemeriksaan di Brimob Polda Papua. “JH masih menjalani pemeriksaan dimana sebelumnya dirinya dibawa dari Nabire,” ungkap Kapolda, Jumat (23/10) siang.

Menurut Kapolda penyeludupan senjata sudah dilakukan sebanyak 4 kali dan dijual kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya. Bahkan ironisnya, Kata Kapolda JH selama menjalakan penyeludupan senjata itu telah bekerjasama dengan satu oknum pecatan anggota Polri.

“Dalam menjalankan penyelundupan senjata tersebut oknum polisi  JH bekerjasama dengan salah satu oknum polisi yang sudah dipecat yang berada Sulawesi Barat dan penyelundupan senjata ini sudah berlangsung sebanyak empat kali. Rencananya dua pucuk senjata jenis M-16 dan M-4 ini akan dibawa ke Intan Jaya untuk dijual ke kelompok kriminal bersenjata,” bebernya.

Kapolda menyebutkan saat ini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap oknum polisi tersebut,  jika kedapatan terlibat maka oknum tersebut akan dipecat dari satuannya. “Saat ini juga pihaknya masih mendalami keterlibatan beberapa pihak lain dalam upaya penyelundupan senjata tersebut. Diduga kuat bahwa penyelundupan senjata ini sudah berlangsung cukup lama menuju Papua,”ujarnya.

 


BACA JUGA

Pengejaran Dilakukan

Saat TNI  Patroli, KKB Lakukan Penyerangan

Jumat, 27 November 2020 | 03:09 WIB

Kapolda Tornagogo Ungkap Jaringan Penjualan Senpi Ilegal Asal Filipina di Manokwari

Rabu, 18 November 2020 | 09:57 WIB
Perang Hingga Papua Merdeka

Penembakan  Anggota TNI di Intan Jaya, TPNPB OPM Mengaku Bertanggungjawab

Sabtu, 07 November 2020 | 07:39 WIB

Diserang KKB, Satu Personel TNI Gugur di Intan Jaya

Jumat, 06 November 2020 | 19:24 WIB

Polda Papua akan Melakukan Otopsi Jenazah Pendeta Yeremia Dalam Waktu Dekat

Selasa, 03 November 2020 | 09:51 WIB
TERKINI

Mayjen TNI Ignatius Yogo Berikan Arahan Kepada Personel Penugasan

39 Menit yang lalu

Berbagi Kasih Natal, Persit KCK Cabang XVI Kodim Jayapura Kunjungi Panti Asuhan

1 Jam yang lalu

Sayap Pemenangan Terus Dilakukan IMANI

1 Jam yang lalu

Kapolri Tegaskan Akan Menindak Tegas Siapapun Yang Melanggar Ketertiban Umum

1 Jam yang lalu

Ini Strategi Paslon IMANI Hadapi Pilkada 2020

2 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com