MENU TUTUP

Satgas Papua Barat Antisipasi Laju Penambahan Kasus Covid-19

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 17:45 WIB / Alberth
Satgas Papua Barat Antisipasi Laju Penambahan Kasus Covid-19 Jubir covid Papua Barat Dr. Arnold Tiniap/Istimewa

MANOKWARI , wartaplus.com - Satuan tugas Covid-19 Provinsi Papua Barat lakukan pencegahan dan antisipasi laju penambahan kasus wabah virus corona di Papua Barat. Disampaikan disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Barat Dr. Arnold Tiniap kepada awak media, Jumat, di Manokwari. Menurutnya, klaster Covid-19 di Papua Barat terus meluas, sehingga Satgas Papua Barat mencatat sejak Juli 2020 kasus tersebut meluas hingga sekarang. 

Tiniap mengutarakan, pada 3 bulan pertama masa pandemi temuan kasus di daerah ini cenderung lamban. Pada Juli 2020, saat aktivitas publik kembali dibuka kasus Covid-19 mulai meningkat. 

"Jadi ketika penerapan new normal  angkanya langsung meningkat, bahkan dari Agustus sampai sekarang penambahan sangat signifikan. Semula hanya ada klaster Gowa dan pelaku perjalanan tapi sekarang kita lihat sudah menyebar ke mana-mana,"kata Tiniap. 

Penularan covid bukan saja mengena ASN, keluarga tetapi merambah ke tenaga medis, perbankan, pertokoan. Termasuk anggota TNI dan Polri juga terpapar. Dengan demikian tingkat pencegahan pun dilakukan oleh semua pihak untuk menurunkan angkah Covid-19 di daerah Papua Barat. 

Lebih lanjut, Tiniap mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Belakangan ini Satgas di sejumlah daerah, termasuk Manokwari mulai gencar lakukan pendisiplinan.

“Kami berharap masyarakat tidak sadar, jangan abaikan protokol kesehatan karena inilah satu-satunya cara untuk menekan laju perkembangan covid,” tambah Tiniap. 

Kata dia, satgas dan pemerintah harus melakukan evaluasi dan lebih tegas, sebab fasilitas kesehatan saat ini tidak cukup dengan ada tambahan kasus covid. Ia mengungkapkan, saat ini grafik menambahan kata kunci jauh lebih tinggi dibanding angka kesembuhan. 

"Kalau kita melakukan antisipasi, maka laju penambahan kasus covid-19 akan semakin tidak terkendali. Oleh kita tidak perlu kerjasama untuk cegah wabah covid-19," ujar Tiniap. *


BACA JUGA

Komnas HAM Bentuk Tim Pamantauan Pilkada di Papua dan Papua Barat 

Kamis, 26 November 2020 | 16:28 WIB

Polsek Ilu Himbau Masyarakat Taati Protokol Kesehatan

Senin, 23 November 2020 | 11:53 WIB

Tingkatkan Imunitas Tubuh, TNI Polri dan Pemda Puncak Jaya Olahraga Bersama

Jumat, 20 November 2020 | 17:30 WIB

Tambahan Positif Covid-19 di Papua Barat 75 orang, Manokwari Tercatat 30 Orang* 

Rabu, 18 November 2020 | 20:42 WIB

Dokter Tiniap: Waspda Covid Melonjak pada Desember

Rabu, 18 November 2020 | 20:37 WIB
TERKINI

Tokoh Adat Lima Wilayah di Papua Minta Otsus Dilanjutkan dan di Audit

4 Jam yang lalu

Baku Tembak di Nduga, Tiga Anggota TNI Terluka

6 Jam yang lalu

Pemkab Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

8 Jam yang lalu
Kota Jayapura

Inilah Penyebab Kebakaran Puluhan Rumah di APO Kali

8 Jam yang lalu

Komnas HAM Bentuk Tim Pamantauan Pilkada di Papua dan Papua Barat 

9 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com