MENU TUTUP

Papua Muda Inspiratif Kembangkan Budi Daya Ikan Tawar

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 15:05 WIB / Roberth
Papua Muda Inspiratif Kembangkan Budi Daya Ikan Tawar Max Ohee, Rini Modouw dan Christian Arebo/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Papua Muda Inspiratif (PMI) merupakan sebuah perusahaan venture capital yang mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua, dengan cara mendorong munculnya entrepreneur muda Papua dan Papua Barat.

PMI telah melakukan serangkaian kegiatan produktif di Papua dan Papua Barat, mulai dari penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan bekerjasama dengan Kementerian UMKM yang diikuti oleh para pengusaha muda dan calon-calon pengusaha muda, berperan aktif membantu masyarakat untuk bersama sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan mendistribusikan masker, APD dan sejenisnya kepada rumah sakit, fasilitas Kesehatan dan masyarakat luas, juga aktif melakukan pendampingan teknis unit-unit usaha.

Salah satu unit usaha yang menjadi dampingan PMI adalah pembangunan karamba apung di danau sentani tepatnya di Jalan Raya Airport-Sentani, Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabuparen  Jayapura.

Pembangunan fisik karamba dan rumah jaga serta sarana dan prasarana pendukung lainnya sudah dimulai sejak 3 bulan yang lalu, dan pada Oktober 2020 telah rampung dan siap dipergunakan.

Jan Cristian Arebo SH MH selaku tokoh pemuda yang sekaligus sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Adat Papua melalui PT Vieyan telah dipercaya oleh PMI untuk mengelola dan mengembangkan unit usaha karamba apung ini.

"Kegiatan ini merupakan  langkah awal yang menandai kebangkitan anak-anak muda Papua untuk meraih masa depannya melalui berbagai macam usaha sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. PMI akan terus menginisiasi, menginspirasi mendorong dan mendampingi putra putri Papua untuk bangkit dan bergerak meraih cita cita dan masa depannya. Kesejahteraan masyarakat Papua adalah dambaan PMI dan seluruh warga masyarakat Papua dan Papua Barat,"ujar Arebo.

Menurut Christian Arebo, pada tahap awal ini karamba apung dibangun sebanyak 20 petak dengan kapasitas per petak 1000 ekor ikan sehingga total ikan yang dapat dikembangkan sebanyak 20.000 ekor. Bibit ikan mujair dan nila sudah mulai ditebar sejak awal oktober 2020.

Saat ini sebanyak 6500 bibit sudah ditebar di 13 petak karamba dan sisa petak karamba akan segera diisi sambil menunggu pemesanan bibit ikan. Diharapkan pada hari Natal dan Tahun Baru 2020 nanti, Sebagian besar ikan sudah dapat dipanen dan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Papua dalam menyambut Natal dan Tahun Baru.

Selanjutnya, lokasi karamba ini akan dimanfaatkan sebagai pusat pelatihan untuk melatih dan mencetak pengusaha-pengusaha baru pemuda-pemudi Papua dengan tujuan agar dapat meningkatkan perekonomian dan mewujudkan Danau Sentai  sebagai pusat pengembangan ikan air tawar di Papua tapi juga Indonesia.

Sebelumnya Papua Muda Inspiratif (PMI) berawal dari gerakan kolaborasi pemuda-pemudi Papua berprestasi sejak Bulan Oktober 2019. Keanggotaannya telah mencapai kurang lebih 300 orang dan tersebar di 7 Wilayah Adat Papua dan Papua Barat meliputi Mamta, Saereri, Anim Ha, La Pago, Mee Pago,Domberai dan Bomberai. Misi PMI adalah untuk menciptakan wirausaha-wirausaha baru orang asli Papua (Papua) di Papua dan Papua Barat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Saya mengajak dan menghimbau kepada semua pemuda/pemudi Papua bahwa sumber daya alam kita kaya dan melimpah kenapa kita tdk bisa berpikir utk bagaimana mengelolahnya.

"Jangan kita berharap pada PNS saja tetapi kita juga bisa berkembang di bidang lain khususnya wirausaha yg bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah ditengah pandemi Covid-19

Ketua Yayasan Papua Muda Insipratif DR. Rini Modouw kembali menegaskan PMI terdiri dari berbagai suku dari 7 wilayah adat dengan visi yaitu  bersatu bersinergi berkarya bagi tanah Papua.

"Teman-teman muda kita kumpulkan beberapa untuk bikin plafon dengan harapan semua pergerakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah kewirausahaan. Nah kita mulai dari apa yang ada di sekeliling masyarakat  terutama yang seperti di danau ini. Kalau pinggir danau pasti keramba mungkin kita juga kembangkan peternakan babi,"ujarnya.

Dikatakan, ke depan kita juga akan kerjasama juga dengan para pendamping dan mitra mitra yang sudah siap dari Kementerian untuk men-support.

"Kita sama-sama bersinergi untuk saling membantu memgembangkan program-program kiwarausahaan anak anak muda Papua,"ujarnya.

Sementara itu tokoh pemuda Waena Kampung Max Ohee, memyambut baik program PMI. "Karena merasa  peduli dengan pembangunan pemuda di Papua, program ini kita sambut baik,"ujarnya.


BACA JUGA

Tokoh Adat Lima Wilayah di Papua Minta Otsus Dilanjutkan dan di Audit

Kamis, 26 November 2020 | 20:41 WIB

Baku Tembak di Nduga, Tiga Anggota TNI Terluka

Kamis, 26 November 2020 | 18:48 WIB

Komnas HAM Bentuk Tim Pamantauan Pilkada di Papua dan Papua Barat 

Kamis, 26 November 2020 | 16:28 WIB

Otsus Untuk Membangun Papua

Rabu, 25 November 2020 | 18:33 WIB
Kabid Humas

Personel Polda dan Polres Jajaran Siap Digeser Ke 11 Kabupaten yang Melaksanakan Pilkada

Rabu, 25 November 2020 | 16:44 WIB
TERKINI

Tokoh Adat Lima Wilayah di Papua Minta Otsus Dilanjutkan dan di Audit

3 Jam yang lalu

Baku Tembak di Nduga, Tiga Anggota TNI Terluka

5 Jam yang lalu

Pemkab Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

7 Jam yang lalu
Kota Jayapura

Inilah Penyebab Kebakaran Puluhan Rumah di APO Kali

7 Jam yang lalu

Komnas HAM Bentuk Tim Pamantauan Pilkada di Papua dan Papua Barat 

8 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com