MENU TUTUP

Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur di Sentani Ditangkap, 20 Anak Jadi Korban

Kamis, 08 Oktober 2020 | 02:38 WIB / Andy
Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur di Sentani Ditangkap, 20 Anak Jadi Korban Pelaku pencabulan anak dibawah umur AR (kiri) saat digelandang ke Mapolres Jayapura/ Andy

JAYAPURAwartaplus.com - Satuan Reskrim Polres Jayapura berhasil menangkap AR (50) pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pelaku AR ditangkap setelah pihak Kepolisian Polres Jayapura menerima laporan dari orang tua korban yang marah terhadap tindakan AR yang mencabuli kedua anaknya yang masih berumur tujuh dan delapan tahun.

Wakapolres Jayapura, Kompol Zet Salino, menjelaskan, modus yang digunakan pelaku adalah mengajak korban untuk jalan-jalan menggunakan motor. Saat itulah korban melakukan tindakan bejatnya dengan mencabuli korban.

“ Kronologinya pelaku mengajak korban untuk jalan-jalan dengan motor. Nah saat jalan itulah korban memasukan tangannya ke dalam celana dan memagang kemaluan korban. Setelah pulang ke rumah, korban lalu melapor kepada orang tuanya terkait tindakan pelaku sehingga dilaporkan lah yang bersangkutan ke polisi,” kata Wakapolres Jayapura, Kompol Zet Salino di Mapolres Jayapura, Rabu (7/10).

Wakapolres menyebut, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, pelaku mengaku sudah cukup lama melakukan aksinya dan korbannya sudah mencapai 20 anak dengan usia rata-rata  7-11 tahun.

“ Dari pengakuan pelaku bahwa sudah ada sekitar 20 anak dibawah umur yang menjadi korban pencabulan yang dilakukan oleh pelaku. Namun sampai saat ini baru 2 orang yang melapor sehingga kami masih menunggu korban lainnya untuk melapor ke Polres Jayapura,” ungkapnya.

Sementara modus yang digunakan pelaku adalah mengajak korban untuk bermain, memberikan hadiah dan mengajak jalan para korban. Saat itulah pelaku melakukan aksi bejatnya dengan memegang kemaluan para korban.

“ Sejauh ini pelaku melakukan aksinya di sejumlah tempat seperti di rumah, diatas smotor, kios, dan rata-rata saat korban tidak dalam pengawasan orang tua. Dari hasil pendalaman kita, pelaku melakukannya (pencabulan) atas dasar kesenangan. Dia ingin memuaskan diri dengan melakukan hal itu,” bebernya. 

Saat ini pelaku sementara diamankan di Mapolres Jayapura untuk proses hukum selanjutnya. Pelaku dijerat undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman 15 tahun penjara.**


BACA JUGA

In House Training Polmas Mandiri Polda Papua 2020 di Polres Jayapura

Kamis, 19 November 2020 | 14:19 WIB

Satu Orang Meninggal Dunia Dalam Pertikaian Warga di Sentani

Jumat, 12 Juni 2020 | 07:26 WIB

Razia Pembatasan Sosial, 200 Kendaraan Diarahkan Putar Balik di Sentani

Sabtu, 30 Mei 2020 | 11:58 WIB

Polisi Periksa Tiga Saksi Kecelakaan Pesawat MAF di Danau Sentani

Minggu, 17 Mei 2020 | 11:45 WIB
TERKINI

Tokoh Adat Lima Wilayah di Papua Minta Otsus Dilanjutkan dan di Audit

5 Jam yang lalu

Baku Tembak di Nduga, Tiga Anggota TNI Terluka

6 Jam yang lalu

Pemkab Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah

8 Jam yang lalu
Kota Jayapura

Inilah Penyebab Kebakaran Puluhan Rumah di APO Kali

8 Jam yang lalu

Komnas HAM Bentuk Tim Pamantauan Pilkada di Papua dan Papua Barat 

9 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com