MENU TUTUP

Ratusan Petugas Sensus Penduduk Dirapit Test

Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:09 WIB / Ola
Ratusan Petugas Sensus Penduduk Dirapit Test Petugas kesehatan (kanan) saat memeriksa suhu tubuh petugas sensus penduduk BPS /Ola

SORONG, wartaplus.com - Ratusan petugas Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong menjalani pemeriksaan Rapit Test di halaman kantor BPS Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (13/8/20).

Kepala BPS Sorong, Ir. Merry, M.P mengatakan bahwa wilayah Papua dan Papua Barat kecuali Kota Jayapura masuk Zona 3. Dimana wilayah tersebut akan melakukan sensus penduduk secara wawancara langsung.

”Secara nasional sensus penduduk online sudah dilaksanakan 15 Februari - 29 Mei. Sensus penduduk yang belum terdata saat mengikuti online, maka akan sensus penduduk secara wawancara pada tanggal 1- 30 September. Sebelum pelaksanaan lapangan, petugas Sensus BPS maupun mitra BPS yang selama ini membantu akan dilatih oleh instruktur nasional pada 18-24 Agustus di hotel Vega.
Sebelum turun ke lapangan Kami lakukan rapid test, bekerja sama dengan satgas covid 19 dan dinkes. Yang Rapid Test berjumlah 380 orang, 318 petugas sensus yang berasal dari masyarakat umum dan sudah terdaftar di data base, 50 kordinator sensus kecamatan (Koseka), dan pegawai BPS," terang Merry.

Ia berharap petugas yang akan turun tidak reaktif dan BPS menyiapkan APD kepada petugas berupa masker, face shiled dan hand sanitizer himbau untuk selalu jaga jarak, mempertahankan imun tubuh supaya kuat. Ditambahkan oleh Merry, bahwa sampai saat ini baru 18 persen yang mengisi sensus penduduk online dari jumlah 260.000 sisanya 82 persen belum terdata.

"Pada saat pelatihan Kami akan mengundang Wali Kota Sorong untuk membuka pelatihan dan Kami harap Wali Kota akan keluarkan surat edaran kepada Kepala Distrik, Kelurahan, RT/RW untuk mendukung kegiatan tersebut. Dan warga yang akan didatangi, kami harap koperatif dengan menyiapkan KK, Surat nikah atau surat cerai," harapnya.*


BACA JUGA

Tak Didukung Anggaran, MRP-PB Belum Lakukan RDP Bersama OAP

Kamis, 17 September 2020 | 07:02 WIB

Maxsi Ahoren: Rakyat Papua Inginkan Dana Otsus Terpisah dari APBD 

Kamis, 17 September 2020 | 07:00 WIB

Waket DPRD Manokwari: Jangan Alasan Corona Insentif RT/RW Dipangkas

Kamis, 17 September 2020 | 06:21 WIB

Isu Pemekaran di Papua, Ketua MRPB: Stop Keinginan Elit Politik Jakarta

Senin, 14 September 2020 | 07:16 WIB

Markus Waran Tegaskan SK DPP PDI-P Resmi di Paslon 'HEBO'

Senin, 07 September 2020 | 14:08 WIB
TERKINI
Video

Juru Bicara TPNPB OPM Kembali Berikan Peringatan Akan Tembak Pesawat Sipil Pengangkut TNI-Polri 

4 Jam yang lalu

Sukacita Jemaat Gidi Kampung Nioga,Dapat Berkat Nasi Bungkus Usai Ibadah

14 Jam yang lalu

Wujud Kepedulian, Satgas TMMD Bagikan Sembako Kepada Warga Kampung Nioga

14 Jam yang lalu

Pemkab Puncak Akan Bangun Jembatan Penghubung Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya dan Jayapura 

21 Jam yang lalu

Pendeta Albert Yoku : Masyarakat Tabi dan Seireri Dukung Keberlanjutan Otsus

21 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com