MENU TUTUP

Kapolda Papua Serahkan Hewan Kurban Kepada Masyarakat dan Panti Asuhan

Jumat, 31 Juli 2020 | 11:50 WIB / Cholid
 Kapolda Papua Serahkan Hewan Kurban Kepada Masyarakat dan Panti Asuhan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Penyerahan hewan kurban dari Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020 M kepada masyarakat Jayapura dan Panti Asuhan, Jumat (31/7)  di Lapangan Apel Mapolda Papua. Hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Pejabat Utama Polda Papua, Ketua Umum pengurus Masjid Raya Provinsi Papua KH. Abdul Kahar Yelipele dan panitia Idul Adha 1441 H.

Panitia Idul Adha 1441 H Ustad M. Sobari dalam kesempatanya menyampaikan bahwa jumlah hewan yang terkumpul di Mapolda Papua sebanyak 16 ekor sapi yang terdiri dari sumbangan Kapolda Papua dan Pejabat Utama Polda Papua serta gabungan dari anggota Keluarga Mapolda Papua.

Kata dia, rencana penyembelihan dan pendistribusian dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 yang akan didistribusikan kepada masyarakat muslim Wamena, seputaran APO Mapolda Papua, Kloofkamp, Dok, VII, VIII, IX rusun, Koya Barat, Holtekamp serta para Warakawuri dan Purnawirawan Polri.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, dalam kesempatannya mengatakan hari ini seluruh umat Islam bergembira dan bersyukur merayakan hari besar Islam, yaitu Idul Adha. Hari Raya Idul Adha biasa disebut juga sebagai hari raya kurban, yang merupakan momentum penting dalam kehidupan beragama yang mengandung implikasi sosial.

“Dibalik momen khusus peristiwa qurban yang berakar dari tradisi Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS, tersimpan makna yang bernilai agung, terutama bagi kaum muslimin yang memiliki kekayaan dengan pendapatan lebih. Agar dapat menyumbangkan sebagian hartanya melalui bentuk hewan kurban, sebagai manifestasi untuk meningkatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa dan sebagai bentuk nyata dari solidaritas sosial,”kata Kapolda.

Foto: Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menyerahan hewan kurban kepada perwakilan masyarakat dan panti asuhan /Istimewa

Dengan mengingat makna yang terkandung dalam hari raya kurban ini, kita dapat introspeksi diri, tentang sejauh mana keikhlasan kita dalam kehidupan ini. Keiklasan disini mencakup dalam hubungan manusia dengan sang pencipta maupun dengan sesama manusia. Ibadah Qurban menuntut kita untuk berbagi, saling tolong menolong dan ikut merasakan penderitaan sesama. Semoga dengan keikhlasan kita, Tuhan yang maha Esa akan memberikan lebih dari yang kita harapkan.

“Hari raya Idul Adha bagi anggota Polri hendaknya dimaknai sebagai upaya positif untuk terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pelayanan kepada masyarakat. Motivasi baru perubahan, adalah menjadi semangat pembebasan dari belenggu harta dan materi agar jangan sampai menguasai hati kita, jadi spirit berkurban itu bukan untuk dihargai orang lain tetapi lebih kepada ketaatan kita atas perintah Tuhan Yang Maha Esa,”tutur Kapolda.

Oleh karena itu makna sederhananya adalah, momen hari raya Idul Adha ini senantiasa digunakan oleh anggota Polri untuk meningkatkan kinerja dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat serta membangun pelayanan yang maskimal.

Iklas dan Berkorban

Penyembelihan hewan Qurban di Mapolda Papua rutin dilaksanakan setiap tahun, dimana menjadi simbol dari ketakwaan umat Islam Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, selain itu dengan penyembelihan hewan Qurban ini menjadi cerminan anggota Polri yang semestinya memiliki jiwa ikhlas dan rela berkorban untuk masyarakat.

“Kepada panitia Idul Adha Mapolda Papua, saya harapkan agar dapat melaksanakan proses penyembelihan hewan Kurban dengan baik dan pendistribusian daging Kurban juga dapat sampai ke tangan masyarakat yang benar - benar membutuhkan,”tandas Kapolda

Dirinya berterimakasih juga kepada anggota Polri dan PNS Polda Papua yang telah ikut berpartisipasi dalam mengisikan sebagian hartanya untuk berqurban pada hari raya Idul Adha tahun ini.

“Semoga dengan semangat iklasan dalam berkurban ini, akan semakin meningkatkan ke imanan dan ketaqwaan, kepada Tuhan yang Maha Esa serta keikhlasan kita dalam mengemban tugas-tugas Kepolisia,”harapnya.

Sementara itu Ketua Umum pengurus Masjid Raya Provinsi Papua KH. Abdul Kahar Yelipele dan panitia Idul Adha 1441 H dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua beserta Jajaran. “Kegiatan ini merupkan salah satu bentuk rasa kepedulian dan kebersamaan kita dalam membangun Papua yang harmoni, damai dan aman. Kami akan distribusikan kepada yang berhak menerima serta majelis talim secara khusus di Kota Jayapura,”ujarnya.

Lanjut dia, tanggal 17 Agustus 2020 yang sudah dekat ini, saya juga menghimbau kepada warga masyarakat Kota Jayapura untuk bagaimana kebersamaan, kekompakan dan kerukunan kita dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Tanah Papua.*


BACA JUGA

Patroli Gabungan, Pastikan Keamanan Jelang HUT Kemerdekaan di Puncak Jaya

Kamis, 13 Agustus 2020 | 20:11 WIB

Polri Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat Kampung Kondo

Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:47 WIB

Ratusan Petugas Sensus Penduduk Dirapit Test

Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:09 WIB

PWI Sorong Akan Laporkan Aktivitas Organisasi AWPI

Kamis, 13 Agustus 2020 | 07:18 WIB

Ketua KPU Supiori Terancam 5 Tahun Penjara

Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:51 WIB
TERKINI

Patroli Gabungan, Pastikan Keamanan Jelang HUT Kemerdekaan di Puncak Jaya

31 Menit yang lalu

Seminar Kebangsaan Korem 172 PWY, Mahasiswa Diajak Mencintai NKRI

1 Jam yang lalu

Polri Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat Kampung Kondo

2 Jam yang lalu

Belum Ada Pelaku Pembunuh Staf KPU Yahukimo yang Ditangkap 

3 Jam yang lalu

Jelang HUT RI, Wakapolres Puncak Jaya Bagikan Bendera ke Warga Mulia

3 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com