MENU TUTUP

Satu Kasus Baru COVID-19 Ditemukan di Puncak Jaya, Zona Merah Jadi 16 Kabupaten

Senin, 22 Juni 2020 | 17:52 WIB / Andy
Satu Kasus Baru COVID-19 Ditemukan di Puncak Jaya, Zona Merah Jadi 16 Kabupaten ilustrasi: Pemeriksaan rapid tes di Kota Jayapura/Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Tim Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua menemukan satu kasus baru COVID-19 di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Dengan temuan 1 kasus tersebut, maka virus corona atau COVID-19 telah menyebar di 16 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Hari ini ada tambahan satu kasus baru COVID-19 di Kabupaten Puncak Jaya. Dengan demikian maka jumlah kabupaten terdampak COVID-19 di Papua berjumlah 16 kabupaten kota,” kata Juru Bicara Satgas Penangana COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule dalam siaran persnya, Senin (22/6) malam.

Sumule mengungkapkan, tambahan satu kasus di Puncak Jaya diduga kuat akibat pergerakan penduduk melalui jalur tradisional.

“Dugaan kita ini ada pergerakan penduduk melalui jalur tradisional. Kemudian terjadi transmisi lokal karena transportasi udara sudah ditutup sejak tiga bulan terakhir,” ujarnya.

Sumule menyebut, saat ini pasien positif COVID-19 di Kabupaten Puncak Jaya sementara menjalani isolasi di RSUD Mulia dengan kondisi sakit ringan hingga sedang.

“Pasien tersebut sementara dirawat di ruang isolasi RSUD Mulia dengan kondisi sakit ringan hingga sedang. Kita terus pantau kondisi pasien ini, tetapi hingga saat ini belum ada rencana untuk dirujuk ke Jayapura,” akunya.

“Kami akan mensuport tenaga medis kami disana (RSUD Mulia) baik APD, obat dan kabutuhan lainnya untuk menyembuhkan pasien tersebut,’ sambungnya.

Ia mengimbau tenaga medis di Kabupaten Puncak Jaya untuk segera meakukan tracking kepada warga yang melakukan kontak dengan pasien tersebut.

“Kita minta teman-teman di Mulia untuk segera melakukan tracking, dilanjutkan dengan rapid test dan mengobati bagi yang memiliki gejala COVID-19 sehingga penyebaran tidak semakin meluas,” imbuhnya.

Dengan temuan kasus baru di Kabupaten Puncak Jaya, maka kabupaten terdampak COVID-19 di Provinsi Papua menjadi 16 kabupaten/kota antara lain; Kota Jayapura, Mimika, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Keerom, Nabire, Jayawijaya, Boven Digoel, Merauke, Sarmi, Kepulauan Yapen, Mamberamo Tengah, Supiori, Yalimo dan Waropen dan Puncak Jaya.**


BACA JUGA

Patroli Gabungan, Pastikan Keamanan Jelang HUT Kemerdekaan di Puncak Jaya

Kamis, 13 Agustus 2020 | 20:11 WIB

Jelang HUT RI, Wakapolres Puncak Jaya Bagikan Bendera ke Warga Mulia

Kamis, 13 Agustus 2020 | 16:49 WIB

Bupati Puncak Jaya Apresiasi Pengumuman Hasil Tes CPNS 2018 Berjalan Aman

Rabu, 12 Agustus 2020 | 17:58 WIB

Temui Forum Nusantara, Bupati Puncak Jaya Minta Jaga Harmonisasi

Selasa, 11 Agustus 2020 | 18:28 WIB

Meriahkan Hut Kemerdekaan, Masyarakat Nusantara di Puncak Jaya Gelar Lomba Pangkas Rambut

Selasa, 11 Agustus 2020 | 18:00 WIB
TERKINI

Patroli Gabungan, Pastikan Keamanan Jelang HUT Kemerdekaan di Puncak Jaya

1 Jam yang lalu

Seminar Kebangsaan Korem 172 PWY, Mahasiswa Diajak Mencintai NKRI

2 Jam yang lalu

Polri Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat Kampung Kondo

3 Jam yang lalu

Belum Ada Pelaku Pembunuh Staf KPU Yahukimo yang DitangkapĀ 

3 Jam yang lalu

Jelang HUT RI, Wakapolres Puncak Jaya Bagikan Bendera ke Warga Mulia

4 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com