MENU TUTUP

Majelis Rakyat Papua Apresiasi Kinerja Stafsus Presiden Billy Mambrasar untuk Tanah Papua

Sabtu, 30 Mei 2020 | 17:02 WIB / Andy
Majelis Rakyat Papua Apresiasi Kinerja Stafsus Presiden Billy Mambrasar untuk Tanah Papua Billy Mambrasar saat membacakan buku cerita kepada anak-anak/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Belakangan ini, santer Kabar tidak mengenakan menimpa Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar. Tak sedikit informasi beredar di media massa yang menyatakan selama berada di lingkar Istana sosok Billy Mambrasar belum terlihat kontribusinya.

Menanggapi kabar tersebut, anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Dr. H. Toni Mandawiri Wanggai, M.A mengatakan kabar tersebut tidak benar. Sebab, menurutnya sosok Billy Mambrasar sudah memberikan banyak kontribusi yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, khususnya di Papua.

“Kami sebagai lembaga resmi yang lahir dari UU khusus Papua melihat Billy Mambrasar sudah memberikan banyak kontribusi khususnya masyarakat generasi muda Papua. Terkait informasi yang beredar bahwa Billy Mambrasar belum melakukan apa-apa itu tidak benar dan ngga jelas,” tegas dia saat diwawancara, pada (29/5).

Bahkan Toni yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus NU Provinsi Papua ini menilai Billy Mambrasar merupakan sosok representasi Papua yang memberikan banyak inspirasi bagi anak muda Papua. Keberadaanya untuk membangun Indonesia melalui Papua sudah terlihat sebelum Billy Mambrasar menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Dikatakan, kontribusi yang sudah dilakukan Billy Mambrasar, khususnya untuk Papua

1. Billy mengadakan pelatihan bisnis untuk memperkenalkan Pelaku UMKM Papua dengan Investor

Pada saat ditunjuk Presiden Jokowi menjadi staf khusus, Diketahui Billy sempat menyampaikan keresahannya kepada Presiden Joko Widodo terkait pengusaha Papua yang belum bisa sesukses pelaku usaha di luar Papua.

“Masak iya pengusaha-pengusaha muda sukses dalam bentuk UMKM atau start-up, semuanya lahirnya hanya dari Jakarta saja. Kapan kami yang dari provinsi-provinsi termiskin Indonesia di timur ini juga bisa menjadi sama hebatnya dengan pendiri gojek, ruang guru, dan buka lapak,” ungkap Billy.

Dari sini lah kemudian Billy membuat terobosan untuk mengadakan pelatihan bisnis yang bertujuan untuk mengumpulkan ratusan dan melatih pebisnis lintas bidang di Provinsi Papua dan Papua Barat. Selain mengadakan pelatihan, Billy telah mengadakan pertemuan berasama para investor guna mendukung program pembinaan pengusaha Papua tersebut.

2. Mengadakan talkshow dan kuliah umum di seluruh Indonesia

Toni menerangkan selain kontribusinya dalam memfasilitasi pelaku UMKM di Papua, Billy juga sebelumnya mengadakan Roadshow di lebih dari 20 kota dan 20 kampus berbeda di seluruh Indonesia.

“Roadshow ini diisi oleh Talkshow yang bertujuan untuk mendorong pengusaha milenial serta meningkatkan sumber daya manusia milenial Papua untuk ikut menyukseskan pembangunan melalui giat wirausaha,” imbuhnya.

3.    Menjadi advisor untuk strategi investasi hijau di Papua

Melalui pertemuan tingkat tinggi yang dilakukan bersama pelaku UMKM Papua dan perusahaan multinasional ini bertujuan untuk memfasilitasi dialog multipihak, khususnya antara pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat dengan pihak investor berkelanjutan, dan perusahaan multinasional, untuk berinvestasi secara bertanggung jawab di kedua Provinsi ini.

Selain itu tujuan akhir dari pertemuan tingkat tinggi ini adalah guna memperoleh kesepakatan bersama berbagai pihak tersebut, sehingga dapat mendukung pengembangan bisnis komoditas potensial di Papua dan Papua Barat, sebagai solusi inovatif mewujudkan pembangunan tanah Papua yang inklusif dan berkelanjutan. “Dari sini kami melihat beliau telah menjadi inspirasi dengan melakukan sosialisasi di kabupaten kota terkait pembangunan ekonomi hijauh di Papua,” ujar Toni

4.    Membantu Pengembangan Pendidikan

Diketahui, Billy mambrasar melalui Yayasan Kitong Bisa telah memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan di Papua. Melalui yayasan tersebut, Billy membantu anak-anak Papua kurang mampu untuk mendapat pendidikan layak. Kini Kitong Bisa memiliki 9 cabang dengan 1.100 anak didik dan 158 relawan. “Beliau punya Kitong Bisa yang telah membantu ribuan anak untuk tetap bersekolah meski memiliki keterbatasan biaya,” tambah Toni 

5.    Memberikan wadah anak muda untuk berwirausaha

Menurut Toni, Billy merupakan sosok yang sangat peduli dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan. Oleh sebab itu, kata dia, dalam waktu dekat di Papua akan didirikan sebuah rumah inspirasi yang dapat menjadi wadah anak muda untuk belajar berwirausaha. “Ini sebuah terobosan pasalnya Rumah Inspirasi ini merupakan tempat untuk mendidik anak muda agar belajar dunia kewirausahaan,”tukas Toni,*


BACA JUGA

Hari Ini Pleno Calon Anggota DPR Otsus Ditunda

Minggu, 05 Juli 2020 | 11:41 WIB

LMA Moskona Minta Satu Jatah Kursi DPR Otsus Kepada MRP

Minggu, 05 Juli 2020 | 08:39 WIB

Gustu Covid-19 Diminta Melakukan Test Swab Anggota MRP-PB

Jumat, 03 Juli 2020 | 20:06 WIB
Keselamatan Rakyat Paling Utama

Presiden Republik Indonesia Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke 74

Rabu, 01 Juli 2020 | 13:32 WIB

Polsek Makimi Salurkan Beras Bantuan Kapolri untuk Warga Terdampak Covid-19

Sabtu, 27 Juni 2020 | 18:40 WIB
TERKINI

Tabrakan KLX dengan GL Max, Satu Tewas dan Satu Kritis

1 Jam yang lalu
Pilkada Kabupaten Keerom 2020

Perlunya Sikap Negarawan Bagi Kandidat Yang Maju dalam Pilbub dan Wabup

2 Jam yang lalu

Tingkatkan Kemampuan Beladiri, Dit Samapta Polda Papua Gelar Latihan 

3 Jam yang lalu

Gelar Patroli Dialogis, Polsek Muara Tami Imbau Masyarakat Gunakan Masker

3 Jam yang lalu
 Pasien COVID-19 Yang Sembuh Diminta Menjadi Duta Kesehatan

239 Pasien COVID-19 Dari Hotel Sahid Dinyatakan Sembuh

16 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com