MENU TUTUP

Hilal 1 Syawal 1441 Hijriah Belum Terlihat di Papua

Jumat, 22 Mei 2020 | 19:20 WIB / Andy
Hilal 1 Syawal 1441 Hijriah Belum Terlihat di Papua Suasana pemantauan hilal di kawasan Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Tim Rukyatul Hilal Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua bekerjasama dengan BMKG Wilayah V Jayapura dan Istitute Agama Islam Negeri Fatahul Muluk Papua, melakukan pemantauan hilal di kawasan Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat (22/5) sore.

Rukyatul Hilal oleh Kanwil Kemetrian Agama Provinsi Papua akan memberikan kontribusi penting dalam Sidang Isbat yang akan dilakukan oleh Kementrian Agama RI di Jakarta untuk mementukan 1 Syawal 1441 Hijriah di tanah air.

Pemantauan hilal yang dilakukan pun masih menerapkan protokol kesehatan yakni melakukan pembatasan orang di sekitar lokasi serta seluruhnya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan dan kelengkapan lainnya.

Wakil Ketua Tim Falakiyah Kanwil Kementrian Agama Provinsi Papua, Husnul Yaqin, mengatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan tersebut, hilal belum terlihat akibat cuaca mendung yang ada di Kota Jayapura. Selain itu, hilal belum terlihat dengan kasat mata ataupun pantauan melalui teleskop.

“ Menurut hisab perhitungan hilal itu biasanya minus lima derajat dibawah ufuk, jadi hilal belum dilihat baik dengan kasat mata maupun dengan telesekop karena masih dibawah ufuk,” katanya kepada wartawan dilokasi pengamatan.

Husnul Yaqin menambahkan, untuk hasil nya masih menunggu keputusan sidang isbat yang akan dilakukan Kementrian Agama Republik Indonesia.

“ Jadi untuk keputusan kita masih menunggu sidang isbat yang akan dilakukan Kementrian Agama Republik Indonesia,” tandasnya.**


BACA JUGA

BMKG Bakal Bangun 17 Sensor Gempa di Papua dan Papua Barat

Senin, 10 Februari 2020 | 17:33 WIB

Hingga Minggu Siang Terjadi 10 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Jayapura

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:48 WIB

Pemprov Papua Bakal Gelar Rencana Aksi Hadapi Bencana

Senin, 06 Januari 2020 | 14:04 WIB

Memasuki Musim Hujan, Tiga Daerah di Papua Ini Rawan Bencana Hidrometeorologi

Senin, 04 November 2019 | 19:07 WIB
TERKINI

Tahun Ajaran Baru, Proses Belajar Mengajar Masih dari Rumah

6 Jam yang lalu

Tabrak Trotoar Jalan, Mobil Avanza Terbalik di Jembatan Youtefa

8 Jam yang lalu

KSAL Tambah Kekuatan Laut dan Calon Prajurit di Wilayah Timur Indonesia

9 Jam yang lalu

BNN Papua Tangkap Bandar Narkoba dan Amankan 147 Gram Sabu

11 Jam yang lalu

Komitmen Telkomsel terhadap Penanganan Dugaan Penyalahgunaan Data Pelanggan

13 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com